Penuhi Kebutuhan Air Putih Bagi Tubuh Agar Terhindar dari Penyakit Gagal Ginjal
June 23, 2019
Pastikan Lakukan Pemanasan Terlebih Dahulu Sebelum Berolahraga Agar Terhindar Dari Tendinitis Achilles!
June 23, 2019
Show all

Pastikan Kebutuhan Vitamin C Anda Terpenuhi Agar Terhindar dari Beragam Penyakit

Pastikan Kebutuhan Vitamin C Anda Terpenuhi Agar Terhindar dari Beragam Penyakit

Siapa sih yang tidak suka buah jeruk? Buah yang identik dengan sumber vitamin C ini memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan kulit yang sangat diidam-idamkan kaum wanita. Vitamin C atau ascorbid acid merupakan nutrisi penting bagi tubuh dalam proses metabolisme. Tidak kalah penting, vitamin C juga berperan sebagai anti-oksidan dari radikal bebas serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Tubuh kita membutuhkan vitamin C guna pertumbuhan dan perbaikan jaringan seluruh bagian tubuh. Oleh karena itu perlu asupan cukup dalam memenuhi kebutuhan vitamin C per harinya. Lalu, apakah ada gejala yang terjadi jika tubuh kekurangan atau kelebihan vitamin C? Yuk, simak rangkuman Mitra Asa berikut ini:

Manfaat Vitamin C

Vitamin C merupakan anti-oksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan DNA. Ada tiga segmen kesehatan utama yang dilindungi vitamin C, di antaranya kulit, gusi, dan kekebalan tubuh. Vitamin C ibarat sebuah benteng pertahanan bagi kesehatan tubuh karena memiliki ragam manfaat, seperti:

  • Baik untuk kesehatan kulit. Umumnya vitamin C banyak dimanfaatkan kaum wanita sebagai kesehatan kulit karena dapat menjaga kecerahan, elastisitas, dan kelembaban kulit. Selain itu vitamin C juga berperan sebagai anti-oksidan agar kondisi kulit senantiasa sehat.
  • Meningkatkan imunitas tubuh yang berkontribusi terhadap sistem kekebalan tubuh serta merangsang pembuluh darah putih di dalam tubuh untuk melawan cikal bakal penyakit infeksi.
  • Mencegah serangan jantung. Vitamin C dapat menurunkan kadar kolesterol dengan memperlambat perkembangan aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah. Sehingga kerusakan pembuluh darah arteri akibat LDL atau kolesterol jahat dapat dihindari.
  • Memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh dapat menurunkan risiko hipertensi. Para ahli kesehatan sangat merekomendasikan menu pencegahan dan pengobatan hipertensi seperti Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH). Menu ini terdiri dari sayuran dan buah-buahan yang kaya akan anti-oksidan tinggi seperti vitamin C.
  • Vitamin C ampuh dalam menyembuhkan penyakit flu jika dikonsumsi sebanyak 8 gram per hari dapat menyembuhkan penyakit flu sebesar 19% lebih cepat.
  • Menurunkan risiko penyakit kanker seperti kanker kulit, dysplasia serviks atau prakanker serviks, dan kanker payudara. Tentunya didukung oleh makanan yang banyak mengandung nutrisi dan anti-oksidan.
  • Vitamin C dapat meringankan gejala asma akibat olahraga atau exercise-induced bronchoconstriction (EIB).

Gejala Kekurangan dan Kelebihan Vitamin C

Memenuhi kebutuhan vitamin C diperlukan dosis tertentu yang dibedakan berdasarkan usia. Hal ini bertujuan untuk menghindari kekurangan dan kelebihan vitamin C yang berdampak pada beberapa gejala penyakit. Jumlah dosisnya antara lain:

  • Jumlah dosis vitamin C untuk anak-anak: 35-100 mg/hari.
  • Jumlah dosis vitamin C untuk orang dewasa: 50-200 mg/hari.
  • Jumlah dosis vitamin C untuk ibu hamil: 85 mg/hari.
  • Jumlah dosis vitamin C untuk ibu menyusui: 120 mg/hari.

Jika Anda kekurangan asupan vitamin C, maka akan menimbulkan beberapa gejala, seperti:

  • Anemia. Kebutuhan vitamin C juga bersifat kondisional. Sebagai contoh, wanita yang sedang menstruasi membutuhkan vitamin C lebih besar guna mengoptimalkan pembentukan hemoglobin pada eritrosit.
  • Infeksi. Tubuh yang kekurangan vitamin C rentan terhadap infeksi oleh mikroorganisme. Hasilnya tubuh mengalami perlambatan pemulihan suatu penyakit.
  • Kesehatan Mulut. Kekurangan vitamin C membuat mulut mudah terserang penyakit seperti sariawan dan gusi berdarah yang berujung pada kerapuhan gigi.
  • Mudah Lelah. Asupan vitamin C di bawah dosis normal membuat tubuh kehilangan anti-oksidan sehingga membuat tubuh menjadi mudah lelah atau tidak fit.
  • Kesehatan Kulit. Kulit kasar dan kering merupakan gejala kekurangan vitamin C.
  • Kesehatan Jantung. Kadar vitamin C yang rendah mempengaruhi kadar hemoglobin dan eritrosit sehingga membuat jantung bekerja lebih keras dalam memompa darah.

 

Begitu juga sebaliknya, jika tubuh kelebihan vitamin C maka menimbulkan beberapa gejala penyakit, seperti:

  • Alergi. Pada beberapa kasus, bahan suplemen vitamin C dari jagung tidak toleransi terhadap tubuh. Bukannya tubuh menjadi bugar malah memicu reaksi gejala alergi.
  • Gangguan Jantung. Kondisi ini umum terjadi pada wanita ketika memasuki masa menopause yang diperparah dengan adanya gejala diabetes dan kadar vitamin C tinggi. Kondisi ini membebani kerja jantung untuk memompa darah dan oksigen.
  • Diabetes. Dosis vitamin C tinggi memiliki kadar gula yang tinggi juga. Untuk itu diperlukan dosis yang tepat agar gula darah tidak naik.
  • Gangguna Ginjal. Kelebihan vitamin C menimbulkan kristal oksalat dalam ginjal sehingga terjadi penumpukan dalam jumlah banyak.
  • Kualitas Darah. Kelebihan vitamin C menimbulkan efek antikoagulan dalam darah. Jika ini dibiarkan dalam jangka panjang maka akan mempengaruhi kualitas darah yang dipompa paksa oleh

Pola Hidup Sehat dari Sumber Vitamin C

Agar tubuh senantiasa bugar, maka asupan vitamin C harus sesuai dosis agar terhindar dari gejala-gejala penyakit. Tubuh kita tidak bisa mendapat vitamin C secara langsung melainkan melalui sumber makanan, seperti di antaranya:

  • Brokoli. Sayuran ini mengandung 49 mg vitamin C per 100 gram. Kandungan glukorapharin dan karbinol menjadi agen anti kanker paling kuat dari brokoli.
  • Kembang Kol. Sayuran ini mengandung 26 mg vitamin C per 100 gram. Kandungan anti-oksidan dalam kembang kol berperan baik dalam menangkal radikal bebas.
  • Kentang. Umbi-umbian ini mengandung 15,2 mg vitamin C per 100 gram yang bermanfaat bagi sistem pencernaan.
  • Rumput Laut. Tanaman ini mengandung 12,3 mg vitamin C per 100 gram. Selain itu rumput laut juga banyak mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.
  • Paprika Hijau. Sayuran ini mengandung 56,5 mg vitamin C per 50 gram. Meski tidak setenar paprika merah, paprika hijau juga mengadung nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.
  • Jambu Biji. Salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi, yaitu sebesar 378 mg per 60 gram.
  • Jeruk. Buah ini tentu sudah populer yang kaya akan vitamin C. Kadarnya mencapai 69 mg per 100 gram.  
  • Pepaya. Buah ini mengandung 85 mg vitamin C per 100 gram. Buah pepaya juga baik untuk sistem pencernaan.
  • Mangga. Buah ini mengandung 58,2 mg vitamin C per 100 gram.
  • Stroberi. Buah ini mengandung 83 mg vitamin C per 100 gram.

Bagaimana? Sudah jelas kan peranan vitamin C bagi kesehatan tubuh Anda. Pastikan asupan vitamin C Anda terpenuhi setiap hari dengan tidak melebihi atau kekurangan dosis.  

 

Source:

https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-vitamin-c/art-20363932

https://www.webmd.com/diet/features/the-benefits-of-vitamin-c

https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-c-foods

Image Source: