Jangan Asal Makan! Ada Menu Makanan Tersendiri Bagi Penderita Kolesterol
June 19, 2019
Seberapa Amankah Vape Bagi Kesehatan Tubuh?
June 19, 2019
Show all

Mengembalikan Bentuk Perut Pasca Melahirkan dengan Gurita

Mengembalikan Bentuk Perut Pasca Melahirkan dengan Gurita

Pada masa kehamilan bentuk tubuh berubah drastis. Terutama pada bagian perut yang menerima efek lebih banyak dari anggota tubuh lain. Setelah melahirkan perut akan melebar atau gelambir sehingga membuat si ibu berusaha keras untuk mengembalikan bentuk perut seperti semula. Hal tersebut tentu wajar karena wanita selalu mengidamkan bentuk tubuh yang ideal.

Ada beragam cara untuk mengembalikan bentuk perut pasca melahirkan, penggunaan stagen misalnya. Tradisi menggunakan stagen pasca melahirkan berasal dari tanah Jawa. Orang jawa meyakini bahwa stagen dapat mengembalikan bentuk perut pasca hamil. Stagen ini berupa kain pajang yang dililit pada bagian perut saja. Namun, secara medis stagen tidak memberi dampak apapun karena bersifat sementara. Setelah stagen itu dilepas maka bentuk perut akan kembali seperti semula, gelambir.

Cara lain yang lebih efektif dan sangat dianjurkan dokter adalah menggunakan gurita atau korset. Lalu seperti apakah cara kerja gurita bagi ibu pasca melahirkan? Untuk itu Mitra Asa sudah merangkumnya untuk Anda simak berikut ini: 

Perubahan bentuk perut ketika hamil

Dalam hitungan medis usia kehamilan dibagi menjadi tiga periode yaitu trismester 1, trismester 2, trismester 3 dengan total kehamilan selama 40 minggu atau 9 bulan. Perubahan perut belum  berubah ketika menginjak usia kehamilan trismester 1 atau biasa disebut hamil muda. Perubahan perut akan mulai telihat ketika memasuki kehamilan trismester 2.

Pada kehamilan trismester 2 rahim sudah berkembang pesat sehingga memenuhi isi perut dan panggul ibu. Perubahan lain yang menyertainya adalah ukuran payudara yang kian membesar. Ibu juga akan mengalami sembelit dan janin yang sudah mulai aktif bergerak. Di bulan ke lima Anda akan merasakan gatal di sekitaran perut karena perut yang meregang. Anda tidak perlu khawatir karena hal ini lumrah terjadi.

Pada kehamilan trismester 3, kadungan sudah mulai membesar. Perut Anda pun akan muncul guratan putih atau stretch mark. Biasanya pada bulan ke 7 Anda akan mengalami kontraksi yang disebut Braxton-Hicks atau kontraksi secara perlahan sebagai tanda bahwa kelahiran sebentar lagi terjadi. Kontraksi ini tidak terlalu sakit dengan durasi selama 5 jam. Namun, jika kontraksi terjadi lebih dari 5 jam sebaiknya segera periksa ke dokter.

Bulan kesembilan adalah puncak dari segala perubah tubuh si ibu hamil. Pusar mulai mencuat dan disertai dengan membesarnya area sekitar organ intim. Hal ini menandakan si jabang bayi sudah siap keluar melihat dunia.

Penerapan gurita bagi ibu pasca melahirkan secara medis

Pasca melahirkan bentuk perut cenderung membuncit dan ini menjadi masalah baru bagi si ibu. Salah satu cara yang bisa membantu mengecilkan perut adalah memakai gurita atau korset. Tentunya sebelum Anda menggunakan gurita sebaiknya konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Jika sudah mendapat persetujuan dan dokter pun memberi rekomendasi jenis gurita untuk Anda, segeralah menggunakannya.

Penggunaan gurita biasanya hanya selama 4-6 minggu. Gurita akan digunakan setelah sehari melahirkan, namun hanya berlaku bagi Anda yang melahirkan secara normal. Bagaimana jika melahirkan dengan cara cesar? Tentunya Anda harus menunggu jahitan perut tersebut mengering, paling tidak selama 6 minggu. Jika gurita digunakan saat jahitan bekas operasi cesar belum mengering maka akan memperlambat penyembuhan luka tersebut. Fatalnya, jahitan luka akan terlepas. Pada kasus lain, penggunaan gurita setelah operasi cesar menyebabkan tekanan pada perut sehingga memicu munculnya tumor jinak atau miom pada rahim. Tentu hal ini tidak diharapkan Anda, bukan?

Kenapa harus menggunakan gurita? Perlu diketahui bahwa saat masa kehamilan, khususnya trismester 3, rectus abdominus atau otot pada pusar perut mengalami pengenduran. Oleh karena itu gurita sangat membantu mengembalikan pengencangan otot tersebut. Gurita juga dapat mengembalikan lingkar pinggang seperti semula dalam waktu singkat.  

FYI, ada beberapa jenis gurita atau korset pasca melahirkan yang perlu Anda ketahui. Di antaranya: Model Universal, Model Pull-up, Model Dual-Closure, dan Model Zipper. Anda bisa memilih salah saju jenis gurita sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan, serta rekomendasi dokter Anda.

Manfaat gurita bagi ibu pasca melahirkan

Dibandingkan dengan stagen yang sangat menyakitkan, gurita atau korset memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Memulihkan jaringan kulit yang kendur selama masa kehamilan akibat mengalami rileksasi jaringan kulit. Sehingga bentuk tubuh kembali ideal seperti semula.
  • Mempercepat otot dasar bagian panggul atau pelvis kembali stabil.
  • Penggunaan gurita juga membantu si ibu mendapatkan tubuh tegak kembali yang mana hal ini dapat memperlancar pemberian ASI pada bayi.
  • Meredakan rasa nyeri pada perut dan punggung yang kerap terjadi pasca melahirkan.

Selain menggunakan gurita, Anda juga bisa melakukan beberapa jenis olahraga yang dapat mengembalikan bentuk tubuh. Seperti:

  • Senam Kegel. Olahraga ini pertama kali dipopulerkan oleh Arnold Kegel. Senam kegel dapat mengencangkan kembali otot di sekitar organ intim. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal setidaknya senam kegel dilakukan 30 menit sehari.
  • Senam nifas. Senam ini tidak perlu memakan tempat. Anda pun bisa melakukanya di atas tempat tidur. Namun, senam nifas tidak disarankan bagi Anda yang melahirkan secara cesar.
  • Jogging maupun latihan sit-up.

 

Ada Hal-hal yang harus dihindari saat pemakaian gurita yaitu:

  • Jangan langsung menggunakan gurita sehari setelah melahirkan karena akan menimbulkan rasa nyeri pada perut.
  • Jangan menggunakan gurita dalam waktu cukup lama karena akan membuat sesak napas.
  • Bagi Anda yang melakukan operasi cesar sebaiknya menunggu pulih terlebih dahulu, paling tidak menunggu selama 6 minggu.
  • Pilih jenis gurita atau korset yang sesuai dengan bentuk tubuh. Sebaiknya menggunakan gurita rekomendasi dokter.

Nah, itulah seputar gurita atau korset pasca melahirkan untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula. Namun begitu melakukan olahraga merupakan pilihan yang bijak karena jelas lebih hemat, murah, aman, dan nyaman.

 

Source:

https://www.momtricks.com/pregnancy/best-postpartum-girdle/

https://www.bellefit.com/blog/what-is-a-post-pregnancy-girdle/

https://www.whattoexpect.com/wom/baby/the-pros-and-cons-of-wearing-a-postpartum-corset.aspx

Image Source: