Pahami Kejang Pada Tubuh Dikarenakan Celebral Palsy
June 10, 2019
Waspada Bahaya Infeksi Nosokomial di Rumah Sakit
June 10, 2019
Show all

Kanker Tulang: Penyakit Kanker Tertua, Langka dan Mematikan

Kanker Tulang: Penyakit Kanker Tertua, Langka dan Mematikan

Kanker tulang salah satu jenis penyakit kanker yang langka serta mematikan bagi penderitanya. Menurut data yang diperoleh dari situs BBC Indonesia bahwa penyakit kanker tulang agresif ditemukan pada penemuan mumi yang berumur ribuan tahun yang menyerang bagian kaki mumi. Belum diketahui penyebab pasti dan tidak ada cara pencegahannya. Mari simak ulasannya!

Apa itu kanker tulang?

Gambar diatas menunjukan bagian kiri adalah kondisi tulang normal, sedangkan kanan kondisi tulang yang diserang sel kanker yang menyebar sehingga ada benjolan menyerupai tumor.

Tulang manusia berungsi sebagai penunjang struktur serta bentuk pada tubuh, kegunaan tulang yang lainnya adalah sebagai perekat otot untuk bergerak dan memiliki tujuan untuk melindungi organ dalam. Kanker tulang merupakan penyakit kanker yang menyerang tulang dan tidak sama sifatnya seperti kanker pada umumnya yang menyerang pada satu bagian namun menyebar. Kanker tulang tergolong  cukup langka sekitar 1% dari pengidap jenis kanker pada umumnya dan hanya menyerang pada salah satu tulang. Umumnya terdeteksi pada salah satu bagian tulang khususnya panggul tulang atau bagian tulang yang panjang seperti lengan pada tangan serta kaki. 

Penyebab kanker tulang

Penyebab dari penyakit kanker tulang ini belum dapat diketahui secara pasti, namun keadaan seperti ini bisa disebabkan oleh mutasi atau perubahan dalam struktur DNA diluar kendalimenyebabkan penumpukan sel membentuk sebuah benjolan atau tumor yang berpotensi menyerang struktur pada tulang yang ada di dekatnya.

Jenis kanker tulang

  • Osteosarcoma: Merupakan jenis umum yang diderita pasien kanker tulang, Biasa menyerang pada dengkul dan lengan atas. Penderita umumnya remaja usia 10-19 tahun
  • Chondrosarcoma:Disebabkan awalnya karena tumor pada tulang rawan dan berkembang menjadi sel kanker. Menyerang pada bagian panggul, paha, dan bahu. Penderita biasa diatas usia 40 tahun
  • Sarkoma Ewing’sAwalnya memang menyerang tulang namun beberapa kasus menyerang di jaringan syaraf, otot, pembuluh darah. Daerah yang terserang terjadi di tulang belakang, panggul, lengan, dan kaki. Penderitanya kebanyakan remaja pria usia 4-15 tahun.

Gejala kanker tulang

Ciri umum pada penderita kanker tulang berawal dari rasa nyeri pada tulang beberapa kali dalam sehari baik sedang bekerja ataupun tidak dan berangsur buruk dalam jangka panjang. Adanya pembengkakan diikuti kemerahan pada kulit di sekitar tulang. Jika Anda mengalami patah tulang meskipun karena hal sepele bisa saja terjadi karena sebenarnya struktur tulang melemah dikarenakan adanya sel kanker. Yang harus diperhatikan adalah seringnya frekuensi tubuh terasa kebas, kesemutan, tangan terasa dingin, hal ini disebabkan adanya gangguan pada pembuluh darah di sekitar area tempat bertumbuhnya tumor penyebab kanker tulang.

Tindakan medis dalam pengobatan kanker tulang

ilustrasi kemoterapi

  • Operasi pengangkatan tulangDilakukan jika kanker berlum menyebar ke area luar tulang.Pada bagian tulang atau sendi yang terjangkit kanker biasanya masih berpotensi rekonstruksi dengan tulang atau sendi buatan, walaupun tidak sedikit juga kasus yang mengharuskan amputasi. Tindak operasi ini juga biasanya masih bisa dilakukan jika sel kanker baru menjangkit ke jaringan-jaringan di sekitar tulang, misalnya pada sendi lutut.
  • AmputasiDilakukan jika kanker tidak berhasil ditangani dengan operasi pengangkatan tulang atau jika kanker tulang telah menyebar ke area lain seperti saraf, pembuluh darah dan kulit. Amputasi mungkin juga diharuskan jika pengidap mengalami infeksi setelah operasi pengangkatan tulang. Pengidap diharuskan amputasi akan diberikan tungkai buatan guna mengganti tungkai yang dicabut. Pengidap juga akan melalui tahap rehab untuk mengembalikan fungsi organ pada anggota tubuh yang dicabut melalui berbagai jenis terapi yang pada umumnya adalah fisioterapi.
  • Kemoterapi: Dilakukan bertujuan memperlambat gejala kanker. Beberapa efek samping yang timbul disebabkan kemoterapi adalah kerontokan rambut, rasa lelah, sariawan, diare, mual dan muntah, penurunan sistem kekebalan tubuh mempengaruhi tingkat kesuburan. Efek samping ini akan hilang setelah pengobatan kemoterapi berakhir.
  • Mifamurtide: Obat yang berfungsi untuk merangsang sistem kekebalan tubuh, khususnya sel putih yang bertugas membunuh sel kanker yang bernama makrofag. Obat ini disuntikkan ke pembuluh darah pasien dengan periode perawatan selama 12-24 minggu. 
  • Radioterapi: Pancaran radiasi guna menghancurkan sel-sel kanker itu sendiri. Pada kanker tulang, radioterapi bisa diaplikasikan pra atau pasca operasi. Metode ini juga berfungsi untuk memperlambat gejala kanker tulang pada pengidap yang tidak bisa lagi diobati dengan cara apa pun. 

Persentase harapan hidup pejuang kanker tulang

Menurut medis, kesempatan bertahan hidup pada penderita kanker tulang tergantung dengan jenis kanker tulang serta tingkatan stadium yang diderita. Umumnya, sekitar 70% penderita kanker tulang teratur menjalani pengobatan, diperkirakan mampu bertahan hidup hingga 5 tahun. Untuk jenis kanker tulang osteosarcoma, harapan hidup untuk mencapai 5 tahun yaitu sebesar 60% hingga 80%. Namun jika kanker telah menyebar maka kesempatan hidupnya menurun menjadi 15% hingga 30%. Jenis kannker tulang erwig sarcoma diperkirakan masih bisa hidup selama 5 tahun sekitar 70%, jika sudah menyebar turun ke angka 15-30%.  

Adakah cara mencegah kanker tulang?

Menurut medis tidak ad acara tepat mencegah kanker tulang mengingat penyakit ini benar-benar penyakit langka dan masih kemungkinan karena genetik. Namun, menurut The University of Maryland Medical Center makanan yang mengandung antioksidan, omega 3 serta protein sehat dengan kualitas baik dipercaya meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan sel kanker. Kembali lagi tanya pada dokter spesialis untuk lebih jelasnya mengenai kanker pada tulang.

Jika orang yang Anda kasihi mengidap kanker tulang berikan terus semangat mereka untuk terus berusaha melalukan penyembuhan dan berikan mereka kasih sayang selalu dan dukungan penuh cinta. 

Image Source: