Pastikan Lakukan Pemanasan Terlebih Dahulu Sebelum Berolahraga Agar Terhindar Dari Tendinitis Achilles!
June 23, 2019
Waspada, Perhatikan Pola Makan dan Gaya Hidup Karena Diabetes Juga Mengincar Kalangan Muda!
June 23, 2019
Show all

Cegah Cedera Terkilir dan Keseleo dengan Ankle Support Pada Kaki Anda

Cegah Cedera Terkilir dan Keseleo dengan Ankle Support Pada Kaki Anda

Beberapa kali kita pernah jatuh secara tidak sengaja hingga menyebabkan keseleo, entah ketika sedang mengendarai motor, terpeleset saat sedang menaiki anak tangga, atau saat berolahraga. Akibatnya kaki atau tangan yang keseleo mengalami pembekakan sehingga sulit untuk digerakan.

Tahun 1978 seorang dokter Gabe Mirkin membuat empat langkah dalam menangani keseleo, di antaranya mengistirahatkan tubuh, mencari es, mengompres bagian yang terkilir, dan mengantung kaki ke tempat yang lebih tinggi. Namun sejak tahun 2013 langkah tersebut menuai perdebatan oleh National Athletic Trainer’s Association karena dianggap kurang efektif.

Apa itu Keseleo?

Keseleo juga biasa disebut dengan terkilir merupakan kondisi cedera pada pergelangan kaki atau pergelangan tangan yang disebabkan adanya robekan ligamen pada sendi. Ligamen adalah sekumpulan jaringan yang menyerupai pita kuat yang menyambung serta mengikat tulang dengan tulang lain. Berfungsi untuk menahan persendian agar tetap berada di tempatnya.

Keseleo bisa dialami oleh siapa saja dari segala usia, dan umum bagi mereka yang aktif seperti pekerja lapangan maupun atlet. Keseleo akan menimbulkan bengkak dan rasa nyeri pada area yang sakit. Semakin besar bengkak dan rasa nyeri titik keseleo maka semakin besar pula tingkat cedera dan ini harus ditangani secara serius agar tidak terjadi pembekakan dalam waktu lama. Jika keseleo tidak segera disembuhkan bukan tidak mungkin kaki atau tangan Anda tidak bisa digerakan lagi.

Penyebab, dan Gejala Keseleo

Memang tidak ada jaminan untuk menghindari risiko keseleo saat beraktivitas apalagi saat berolahraga. Namun, kita masih bisa lebih aware untuk minimalisir keseleo jika kita tahu teknik yang benar saat berolahraga. Biasanya keseleo terjadi akibat:

  • Kurang berhati-hati ketika sedang berolahraga. Salah satu contoh saat jogging Anda menginjak sesuatu, batu misalnya, sehingga membuat pergelangan kaki jadi terkilir. Untuk itu pastikan Anda tetap fokus saat jogging baik di area indoor maupun outdoor.
  • Tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum olahraga sehingga otot kaki belum siap atau lentur ketika terjadi pergesekan dengan permukaan tanah. Untuk itu biasakan melakukan pemanasan sebelum olahraga agar otot-otot tubuh lebih lentur.
  • Terjatuh saat berjalan, berlari, melompat atau sedang mengendarai sepeda atau motor. Kehati-hatian merupakan kunci utama untuk menghindari risiko keseleo.
  • Beraktivitas di permukaan yang tidak rata seperti di perbukitan. Jika Anda orang yang aktif di luar pastikan Anda selalu waspada saat melangkah di permukaan tidak rata.

Gejala umum keseleo adalah timbul rasa nyeri kemudian muncul bengkak pada titik keseleo. Setelah itu persendian menjadi kaku sehingga sulit untuk digerakan yang disertai dengan memar.

Di dunia medis keseleo atau terkilir populer dengan istilah Sprain (cedera pada ligamen) yang diakibatkan tekanan berlebihan pada jaringan pita penyambung dua tulang. Sementara Strain cedera yang terjadi pada otot atau tendon yang diakibatkan kontraksi otot secara berlebihan, Tendinitis Achilles contohnya.

Penanganan Keseleo dengan Variteks Ankle Brace With Bandage

Ketika mengalami keseleo jangan buru-buru dipijat atau diurut. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya komplikasi serius karena mungkin saja disertai adanya tulang patah atau retak. Untuk itu sebaiknya segera bawa ke dokter terkait atau ke fisioterapi agar mendapat penanganan yang tepat. Biasanya dokter akan melakukan diagnosis keseleo dengan foto sinar-X guna mengetahui adanya patah tulang atau tidak. Setelah itu pasien akan menjalani beberapa terapi pemulihan dengan metode RICE, di antaranya:

  • Rest. Mengistirahatkan total bagian yang keseleo atau terkilir. Pada tahap ini pasien tidak boleh banyak bergerak atau memaksakan diri untuk berjalan apalagi berlari. Selain itu pasien juga dilarang menekan-nekan sendi area keseleo karena akan memperparah keseleo itu sendiri. Dengan kata lain saat keseleo tidak boleh diurut atau dipijat!
  • Ice. Area keseleo dikompres dengan es batu, namun jangan langsung menaruh es pada permukaan kulit karena dapat menimbulkan kerusakan kulit. Gunakan kain tipis sebagai lapisan kompres. Tahap ini yang diperdebatkan oleh National Athletic Trainer’s Association, sehinga dokter Gabe Mirkin merubahnya agar mengompres area keseleo dengan es batu yang dibalut kain tipis.
  • Compression. Kaki atau tangan yang keseleo diberi perlidungan berupa perban elastis. Hal ini bertujuan untuk mengurangi peradangan, penyangga area keseleo, dan memberi rasa nyaman. Biasanya pasien menggunakan perban elastis selama kurang lebih 1-2 minggu. Balutan perban elastis harus mantap namun jangan terlalu kencang agar tidak menimbulkan rasa sakit pada area keseleo.
  • Elevation. Tahap terakhir penempatan kaki atau tangan ke tempat yang lebih tinggi. Misalkan keseleo pada kaki maka gunakan bantal sebagai pengganjal. Hal ini bertujuan dalam mengurangi pembekakan.  

Untuk memperkuat metode RICE, khususnya pada tahap Compression, dalam proses pencegahan maupun pemulihan keseleo, dapat menggunakan Variteks Ankle Brace Wiith Bandage. Produk ini merupakan perban elastis pemulihan cedera keseleo yang berfungsi untuk menstabilkan posisi sendi sehingga ligamen tidak bekerja keras dalam proses penyembuhan cedera.  

Selain itu Variteks Ankle Brace Wiith Bandage juga berfungsi sebagai pencegah cedera keseleo pada ligamen, khususnya bagi Anda yang gemar  berolahraga seperti  jogging, sepak bola, atau bola basket. Variteks Ankle Brace Wiith Bandage berbahan elastis sehingga nyaman digunakan pada pergelangan kaki. Menggunakan kompresi dapat memperlancar peredaran darah dan oksigen sehingga mampu mengakomodasi hasil sisa metabolisme otot sehingga pemulihan cedera keseleo lebih cepat. 

Agar Anda terhindar dari keseleo, Mitra Asa punya tips sederhana yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Biasakan lakukan pemanasan sebelum olahraga.
  • Pastikan dan tingkatkan kewaspadaan Anda ketika sedang jogging, seperti hindari benda, batu, atau apapun itu yang dapat menyebabkan kaki Anda terkilir.
  • Gunakan sepatu yang layak pakai dan nyaman sehingga kaki Anda terlindungi dari risiko keseleo.
  • Gunakan ankle support ketika berolahraga untuk memangkas risiko keseleo atau terkilir.

Jika Anda keseleo jangan buru-buru diurut atau dipijat. Sebaiknya periksa ke dokter atau fisioterapi guna menghindari risiko lain yang lebih parah.

 

Source:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sprained-ankle/symptoms-causes/syc-20353225

https://www.webmd.com/pain-management/ankle-sprain#1

https://imap.co.id/varaf

Image Source: