Asupan Tepat Bagi Anda yang Gemar Berolahraga

Pola hidup sehat ternyata mudah dilakukan, coba yuk!
March 20, 2019
Natrium vs Kalium
May 13, 2019
Show all

Asupan Tepat Bagi Anda yang Gemar Berolahraga

Asupan Tepat Bagi Anda yang Gemar Berolahraga

Anda sudah mengenakan baju dan sepatu olahraga bagus, mengikat rambut dan bersiap olahraga, tapi sudahkah Anda mengingat semua yang dipersiapkan sebelum olahraga? Ada yang sering terlewat padahal peranannya cukup penting sebagai penunjang olahraga maksimal, yaitu makanan.

Asupan yang Anda konsumsi sebelum olahraga befungsi sebagai energi utama karena tubuh ibarat mesin yang harus diisi bahan bakar untuk dapat bergerak. Tak hanya sebelum olahraga, asupan setelah berolahraga juga tak kalah pentingnya, agar tubuh bisa mendapatkan energi kembali dan pembentukan otot yang maksimal. Yang akan kita bahas bukan suplemen, melainkan makanan alami yang menunjang optimalnya olahraga Anda.

Makanan yang dimakan sebelum olahraga

  • Karbohidrat

Anda pasti berpikir karbohidrat bukanlah hal yang bagus sebagai asupan pra-olahraga. Namun karbohidrat berfungsi sebagai energi. Ketika menerima karbohidrat, tubuh akan mengolahnya menjadi glukosa, yang kemudian dibawa ke sel otot, memberikan tenaga yang kita gunakan selama berolahraga. Memberikan asupan karbohidrat ringan seperti fruit bar, oatmeal, yogurt, buah kering, atau roti gandum dapat memberikan energi ekstra dan menghindarkan Anda dari cidera.

  • Protein

Penambahan protein juga baik bagi tubuh khususnya jika angkat beban adalah olahraga yang Anda lakukan dalam pembentukan serta pembesaran otot. Contoh asupan protein yang bisa dikonsumsi adalah kacang, greek yogurt, telur rebus, susu kedelai, atau susu sapi. 

  • Air putih

Tentunya minum air putih sebelum olahraga, agar tubuh tidak dehidrasi. Idealnya asupan makan atau minum dilakukan 30 menit sebelum berolahraga. Namun jika Anda tidak memiliki cukup waktu, pilih smoothie sayuran yang dicampur dengan buah atau cukup makan fruit bar, atau lebih baik lagi konsumsi buah asli seperti apel.

Makanan yang dimakan setelah berolahraga

Idealnya 30 menit setelah berolahraga, kita memberikan asupan tambahan untuk memulihkan energi setelah pembakaran. Namun penuhi asupan dengan protein dan karbohidrat seperti quinoa, nasi merah, roti gandum, tahu, kacang, dan ikan. Ganti cairan elektrolit yang terbuang dengan minum air putih atau jus buah segar. 

Mari kita ubah kebiasaan baik yang dapat menunjang keberhasilan olahraga kita. Selamat berolahraga!

Image Source: