Jangan Anggap Remeh! Hipertensi Mengintai Kalangan Muda Juga, Lho
June 23, 2019
Waspada! Osgood Schlatter Disease Mengincar Kalangan Remaja Aktif
June 23, 2019
Show all

Adakah Bahaya Mengkonsumsi Kopi Instan Bubuk Setiap Hari Bagi Kesehatan?

Adakah Bahaya Mengkonsumsi Kopi Instan Bubuk Setiap Hari Bagi Kesehatan?

Zaman sekarang siapa sih yang tidak suka kopi? Baik muda, tua, pria, wanita hampir semua kalangan menyukai olahan minuman yang satu ini. Hingga saat ini kopi semakin populer sejak film “Filosofi Kopi” menjadi tontonan favorit anak muda Indonesia. Jadi tidak heran jika kopi sudah menjadi lifestyle semua orang, mulai dari desa hingga di perkotaan. Aroma khas yang tajam mampu membuat penikmat kopi, pemula maupun pemain lama, takjub akan nikmatnya kehangatan yang disajikan.

Belakangan masyarakat dibuat bingung antara kopi instan bubuk dan kopi sachet. Sebagian masyarakat beranggapan keduanya adalah jenis produk yang sama. Padahal kopi instan bubuk berbeda dengan kopi sachet. Berangkat dari isu ini lah membuat Mitra Asa ingin membahasnya lebih detail lagi. Lalu, apakah mengkonsumsi kopi instan bubuk, kopi sachet, atau kopi murni, setiap hari baik bagi kesehatn tubuh? Yuk simak ulasannya:

Kopi  dan Manfaatnya

Sebelum memasuki pembahasan inti, sebelumnya mari kita ketahui sedikit sejarah kopi, mulai dari asal-muasal, penyebaran, dan manfaat. Kopi pertama kali ditemukan pada abad ke-9 di Ethiopia, yaitu di negara bagian Abyssinia. Kemudian pada abad ke-15 pedagang Arab membawanya sebagai bahan komoditi dagang ke Yaman. Bangsa Arab lah yang mengembangkan pembudidayaan kopi pertama kali hingga meluas ke seluruh dunia.

Kopi yang paling populer yaitu Arabica dan Robusta. Kopi Arabica mengandung rendah kafein sehingga aromanya lebih menonjol. Sedangkan robusta memiliki aroma gosong dan tinggi kafein. Tahun 1696 kopi pertama kali masuk ke Indonesia melalui VOC di Jawa.

Kopi merupakan tanaman yang mengandung antioksidan lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran dan buah-buahan.  Manfaat kopi murni yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti:

  • Meminimalisir risiko diabetes mellitus tipe 2. Berdasarkan survei UCLA School of Public Health and Medicine mengatakan bahwa apabila wanita menopause minum 4 cangkir kopi murni (tanpa gula) per hari dapat menurunkan risiko terkena diabetes mellitus tipe 2 sebanyak 50%.
  • Kopi murni berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah hilangnya proses produksi sel insulin.
  • Kopi murni mengandung ratusan senyawa kimia, seperti methylypridinium yang mampu mencegah risiko kanker usus besar, kanker dubur, kanker mulut, dan kanker kerongkongan.
  • Antioksidan kopi murni dapat bekerja optimal untuk mengurangi bentuk demensia vaskular.
  • Hasil penelitian ilmuwan dari Harvard School of Public Health mengatakan bahwa meminum 4 cangir kopi murni per hari dapat menurunkan risiko depresi sebesar 20%.

Kopi Instan Bubuk: Baik atau Buruk?

Berdasarkan Peraturan Kepala Badan POM No. 21 tahun 2016, yang dimaksud dengan ‘Kopi Instan Bubuk’ adalah produk kering mudah larut dalam air, tidak mengandung gula,  mengandung kafein kurang dari 2% dan tidak lebih dari 8%, diperoleh seluruhnya dengan cara mengekstrak dengan air dari biji kopi (Coffea sp) yang telah disangrai. Sedangkan ‘Kopi Sachet’ adalah minuman serbuk kopi gula, kopi gula susu, kopi gula krimer dalam bentuk bubuk dan tidak berampas. Jadi kopi instan berbeda dengan kopi sachet, ya.

Satu cangkir kopi instan mengandung 30-90 mg kafein. Karena rendah kafein kopi instan menjadi rekomendasi bagi mereka yang memiliki masalah insomnia, gelisah, sakit perut, sering buang air kecil, tremor, keringat dingin, hingga kenaikan detak jantung saat minum kopi dengan kafein tinggi. Namun demikian, kopi instan mengandung akrilamida tinggi.

Apa itu akrilamida? Akrilamida adalah zat yang berpotensi karsinogen atau menyebabkan kanker. Akrilamida dapat terbentuk jika suatu makanan dipanaskan pada suhu di atas 120 derajat celcius. Hasil penelitian oleh Mojska dan Gielecinska pada tahun 2013, kopi instan bubuk mengandung 358 mikrogram/kg akrilamida. Walaupun demikian, berdasarkan hasil penelitian Niseteo tahun 2012 menunjukan bahwa kopi instan bubuk mengandung lebih banyak antioksidan ketimbang jenis kopi lainnya. Hanya saja kadar antioksidan akan berkurang seiring penambahan susu.

Manfaat kopi instan antara lain:

  • Mengkonsumsi kopi instan bubuk sebanyak 400 miligram per hari dapat mengurangi risiko bahaya diabetes mellitus tipe 2.
  • Kopi mengandung magnesium sehingga mengkonsumsi kopi instan murni sangat baik dalam pengelolaan gula darah dan mencegah resistensi insulin.
  • Memasukan menu kopi instan bubuk dalam menu harian dapat dijadikan sebagai terapi diet Anda sehari-hari. Jika rutin minum kopi instan murni 3 kali seminggu, maka dapat menurunkan berat badan 6,5 pon dalam setahun.    

Sekedar informasi, kopi sachet (white coffee) mengandung gula sebesar 6,66 gram per satu cangkir saji. Kopi sachet latte mengandung gula sebesar 13,55 gram. Kopi sachet cappuccino mengandung gula sebesar 6,41 gram. Sementara kopi instan bubuk sama sekali tidak mengandung gula.

Oleh sebab itu kopi instan bubuk aman dikonsumsi sehari-hari. Hanya saja ketika Anda menambahkan gula dalam sajiannya maka akan merangsang penyebab risiko diabetes. Anda tetap harus mengimbanginya dengan air putih sebanyak 2,5 liter per hari, ini di luar kadar air kopi yang Anda konsumsi, ya.

Jika rutin mengkonsumsi kopi namun sedikit minum air maka dapat mengakibatkan gagal ginjal. Perlu diketahui bahwa kopi mengandung mineral lebih tinggi ketimbang air putih sehingga memicu pembentukan endapan sedimen berupa batu/kristal pada ginjal.

Kesimpulannya, Anda boleh-boleh saja mengkonsumsi kopi instan murni asalkan tidak berlebihan, menambahkan gula dalam penyajiannya, dan harus diimbangi dengan 2,5 liter air putih per hari.   

Tips Agar Tidak Ketergantungan Kopi

Walaupun kopi baik untuk kesehatan, namun kadar kafein di dalamnya membuat penikmat kopi menjadi kecanduan. Akibatnya Anda berlebihan mengkonsumsi kopi hingga menimbulkan kecemasan, kegelisahan, dan insomnia. Untuk itu Mitra Asa punya tips agar Anda tidak menjadi pecandu kopi, dengan cara:

  • Satu cangkir saja dalam sehari dirasa sudah cukup untuk membantu tubuh Anda tetap segar menjalani aktivitas sehari-hari.
  • Pastikan untuk memenuhi kebutuhan air putih bagi tubuh sebanyak 2,5 liter per hari.
  • Bukan hanya kopi untuk mendapat tubuh yang fit. Anda bisa mengantinya dengan yoga, meditasi, atau pijat relaksasi di akhir pekan.
  • Tidur yang cukup (6-8 jam) membuat tubuh Anda siap menajalani hari-hari.
  • Selingi dengan minuman lain yang lebih sehat seperti susu, teh herbal, air lemon, atau cokelat hangat.
  • Olahraga secara teratur.

Source:

https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-980/coffee

https://www.healthline.com/nutrition/instant-coffee-good-or-bad

https://www.healwithfood.org/articles/coffee-acrylamide-levels.php

Image Source: